Wednesday 31 August 2016

5 Fakta Unik Pelaksanaan Proklamasi Indonesia


Hai kawan-kawan, kali ini aku bakal kasih tau fakta-fakta unik proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia. Mungkin kalian sudah tau sebagian dari fakta ini tetapi setidaknya artikel ini menambah wawasanmu tentang Negara Indonesia.


1. Soekarno sedang sakit saat pembacaan Proklamasi Kemerdekaan.


2 jam sebelum pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, Soekarno masih tertidur di kamarnya. Badan Soekarno terasa dingin dan wajahnya pucat. Dia diberi dokternya sebuah obat untuk mencega penyakit malarianya kambuh lagi selama 12 jam kedepan. Sehingga pukul 10.00, Soekarno dapat membacakan proklamasi kemerdekaan.


2. Bendera dari seprai


Siapa sangka bahwa bendera Merah Putih yang dikibarkan ketika proklamasi adalah menggunakan kain dari seprai? Warna merah diambil dari seorang yang jualan soto sedangkan warna putihnya diambil dari seprei tempat tidur.



3. Naskah asli proklamasi ditemukan di tempat sampah.


Naskah proklamasi kemerdekaan tidak disimpan oleh pemerintah. Seorang wartawan bernama BM Diah adalah orang yang menemukan naskah asli proklamasi kemerdekaan. Ia menemukanya di keranjang sampah rumah Laksamana Maeda yaitu tempat Soekarno dan kawan kawanya membuat naskah proklamasi. Barulah pada tahun 1992, Ia menyerahkan naskah proklamasi kepada presiden Soeharto setelah ia menyimpanya puluhan tahun lamanya.



4. Tanpa adanya peristiwa Rengasdengklok, Indonesia tidak merdeka.


Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa dimana Soekarno-Hatta diculik oleh segerombolan pemuda yang pernah ditolak oleh Soekarno ketika para pemuda itu memaksa untuk melakukan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jika Soekarno-Hatta tidak diculik, maka proklamasi kemerdekaan itu tidak akan terjadi sehingga Indonesia tetap tidak merdeka.



5. Upacara proklamasi kemerdekaan dibuat dengan sederhana.


Upacara proklamasi kemerdekaan ternyata hanya dibuat sederhana. Tidak ada pengiring musik, tidak ada konduktar dan tidak ada pancaragam. Tiang bendera hanya dibuat dari batang bamboo yang kasar dan ditanam beberapa menit sebelum upacara berlangsung. Hanya kurang dari 100 orang yang dating pada saat proklamasi kemerdekaan tersebut.

Demikian fakta-fakta uniknya, semoga berguna ya guys!





2 comments: