Wednesday 31 August 2016

Apa itu Sakramen Krisma?

Sakramen Krisma


Apa itu Sakramen Krisma? Kenapa Sakramen Krisma sangat penting? Bagaimana cara mendapat Sakramen Krisma? Post ini akan membahas tentang Sakramen Krisma.

- Apa itu Sakramen Krisma?
Sakramen Krisma adalah salah satu dari tiga sakramen inisiasi Kristen yaitu Baptis, Krisma dan Ekaristi. Didalam sakramen Krisma, kita menerima "Kepenuhan Roh Kudus" sehingga kita dapat secara penuh dan aktif berkarya dalam Gereja. Sakramen ini diberikan dengan cara mengurapi penerimanya dengan Krisma, minyak yang telah dicampur sejenis balsam, yang memberinya aroma khas, disertai doa khusus yang menunjukkan bahwa, baik dalam variasi Barat maupun Timurnya, karunia Roh Kudus menandai si penerima seperti sebuah meterai. Melalui sakramen ini, rahmat yang diberikan dalam pembaptisan "diperkuat dan diperdalam". 

-Kenapa Sakramen Krisma sangat penting?
Sakramen Krisma sangatlah penting karena sakramen ini membuat umat katolik semakin teguh akan kepercayaanya. Selain diperkuat imannya, umat yang telah menerima Sakramen Krisma diharapkan semakin rajin untuk untuk pergi ke gereja dan aktif pada kegiatan lingkungan gereja.

- Bagaimana cara mendapat Sakramen Krisma?
Cara mendapat Sakramen Krisma tiap gereja berbeda - beda. Semua gereja pastinya akan melakukan katekumen atau pelajaran untuk memperdalam iman hanya saja yang membedakan adalah waktunya. Ada gereja yang melaksanakan katekumen 10 kali, ada juga yang melaksanakan selama 20 kali.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat guys!


7 comments: